Makna Kemerdekaan Bagi Para Generasi Muda

Nuansa kemerdekaan masih menggema di hati seluruh rakyat Indonesia, terutama para generasi muda. Karena dari dulu sampai sekarang peran generasi muda sangat penting bagi kemajuan Bangsa Indonesia.Berkat semangat juang para generasi muda yang gigihlah Bangsa Indonesia mencapai puncak kemerdekaan.

Apa aja sich peran generasi muda untuk Bangsa Indonesia ? Yuk kita simak liputannya…!

perang-melawan-belandaPeran generasi muda selalu mewarnai dalam setiap usaha – usaha untuk memerdekakan Bangsa Indonesia,seperti pada waktu ditinbas oleh Pemerintahan Kolonial Belanda yang memaksa Bangsa Indonesia unutuk nemyerahkan rempah – rempah kepada Belanda, peran serta generasi muda yang sudah muak terhadap penjajahan belanda melawan dengan mengadakan pemberontakan di beberapa wilaya seperti Maluku, jawa, Bali, Blitar dan lain sebagainya.Hingga akhirnya belanda terusir dari Negeri kita tercinta ini. tetapi setelah itu kembali Bangsa Indonesia mengalami penindasan yang dilakukan oleh pemerintah kolonial Jepang. Pada pemerintahan Jepang rakyat Indonesia sangat ditindas, harta kekayaan mereka dirampas. untuk menguris jepang dari ibu pertiwi generasi muda indonesia seperti Soekarno, Hatta,Sutan Syahrir, Soepomo dsb berjuang secara sembunyi – sembunyi dan secara terang – terangan( perang ). Dan akhirnya Jepang mengalalmi musibah yaitu di bomnya kota Hiroshima pada tanggal 6 Agustus 1945 dan kota nagasaki pada tanggal 9 Agustus 1945 tentara sekutu dan terjadi kekosongan kekuasaan pada Bangsa Indonesia. Para generasi muda lalu mendesak Soekarno dan Moh Hatta untuk segera merumuskan Proklamasi kemerdekaan, tetapi mereka menolak karena Jepang sudah berjanji untuk memberikan kemerdekaan kepada Bangsa Indonesia, tetapi para pemuda tidak setuju dengan keputusan yang dibuat oleh Soekarno dan Moh hatta dan menculik mereka ke Rengasdengklok untuk merumuskan naskah proklamasi di rumah Tentara jepang bernama jendral terauchi dan Akhirnya Proklamasi kemerdekaan disuarakan pada tanggal 17 Agustus 1945 di jalan Pegangsaan Timur nomor 56 yaitu di rumah Soekarno.

Nah itu tadi khan peran generasi muda pada jaman dulu, gimana ya peran serta generasi muda zaman sekarang ?

Generasi muda zaman sekarang hidup dengan aman dan bebas tidak ada peperangan. Dalam menuntut ilmu pun tidak membeda bedakan antara anak bangsawan dan anak rakyat jelata, semuanya sama, sama – sama anak bangsa Indonesia. Peran generasi muda zaman sekarang adalah mengisi kemerdekaan dengan kegiatan yang bersifat positif ( positive thinks getu…! ) dan juga masih banyak peran setra generasi muda sekarang, misalnya patriot bangsa yang jarang diperhatikan publik seperti generasi muda yang aktif di organisasi sekolah, seperti PMR, OSIS, Pramuka, Paskibra dsb. Mereka Patut dianggap sebagai patriot bangsa yang mengisi kemerdekaan dengan karya nyata yang positif.

Jadi kamu bisa menjadi patriot bangsa jika kamu bisa mengisi kemerdekaan dengan berbagai hal yang positif dan berguna bagi Nusa dan Bangsa.

Selamat merayakan proklamasi kemerdekaan Indonesia, semoga tetap jaya!!

About these ads

5 pemikiran pada “Makna Kemerdekaan Bagi Para Generasi Muda

    • @indonesia satoe : Terima kasih telah bergabug bersama saya di sekar fowers blog…!
      Mari kita berjuang bersama demi kemakmuran Indonesia. MERRDEKAA…!!!

  1. klu dulu para pemuda INA berjuang melawan penjajah maka sekarang kita sebagai pemuda/i berjuang memerdekakan diri kita sendiri yaitu kita berantas kebodohan, melawan pergaulan yang tidak sehat seperti narkoba dan seks bebas.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s