MENJADI KANDIDAT KETUA OSIS…?? SIAPA TAKUT…!!

Sekar OSISOSIS adalah wadah yang mengajari kita berorganisasi, terutama pada siswa yang duduk di MTs ataupun SMP. Khususnya nie di Madrasahku tercinta, Madrasah Tsanawiyah Negeri Malang III. Prendz aku mau berbagi cerita pada waktu aku di jadikan bakal calon ketua OSIS. Yuk kita simak liputan yang satu ini…! Pertama kali aku ikut OSIS rasanya happy banget soalnya nih, di OSIS kita bisa belajar berorganisasi, juga kita bisa punya banyak teman seperti aku yang sekarang ini menjadi wakil ketua I di OSIS masa bakti 2009/2010.

Sebelumnya aku menjadi sie bidang ODPPK atau yang sering di sebut dengan Organisasi, dasar Pendidikan Politik dan Kepemimpinan. Waktu itu aku tidak tau tugas ku apa terus setelah diadakan LDK atau Latihan Dasar Kepemimpinan, aku baru tau deh tugasku apa, Tapi disini tidak usah aku sebutkan ya..! soalnya terlalu banyak, nanti bosan lagi…! Hari demi hari sudah kami lewati, akhirnya waktu yang di tunggu – tunggu tiba juga yakni, pemilihan Bakal calon Ketua OSIS masa bakti 2009/2010. Nah waktu rapat OSIS aku dipercaya sama teman – temanku untuk menjadi Bakal calon Ketua OSIS, dikelas teman – temanku juga mendukung aku, terutama teman – temanku yang perempuan.

Pertamanya sih takut sekali soalnya…,nanti masih mau dites lagi baik tes tulis maupun lisan, sudah gitu masih diseleksi lagi buat calon ketua OSIS masa bakti 2009/2010. Pada waktu seleksi aku grogi sekali lho teman – teman ! soalnya yang ngetest itu langsung dari tim penyeleksi. Test pertama dilaksanakan pada waktu hari Jum’at setelah istirahat di Mushola sekolah. Nah tes kedua dilakukan di Ruang Tatib ( Tata Tertib ). Waktu penentuan siapa yang jadi calon ketua OSIS masa bakti 2009/2010 tiba juga. Kami, semua bakal calon ketua OSIS di panggil untuk segera menuju ke ruang Tatib untuk mengetahui siapa yang akan menjadi calon Ketua OSIS. Suasana makin menegang ketika Bp.Saadi ( Pembina OSIS Masanega )akan mengumumkan hasil penilaian juri. Dan ternyata yang tepilih adalah aku, Mita dan Ivan, mereka berdua adalah sahabatku di Kepramukaan. Wah bersaing dengan sahabat sendiri memang berat, tetapi mau tidak mau kita bertiga harus melakukannya. Setelah selesai seleksi kami langsung berkampanye ria ke semua kelas di Masanega. Pertamanya siah malu, lapi lama – lama nggak juga tuh…!. Esoknya kami bertiga langsung menyampaikan Visi & Misi kami untuk OSIS. Setelah penyampaian Visi & Misi, semua siswa kembali ke kelas untuk melaksanakan pemilu ketua OSIS. Setelah melewati beberapa sesi akhirnya yang memperoleh suara terbanyak adalah Ivan Renaldi dari kelas 8C. Itulah ketua OSIS Masanega yang baru..! Yah nggak jadi ketua OSIS deh…? meskipun aku tidak jadi ketua OSIS aku tetap jadi Pengurus Harian OSIS. O iya hampir lupa nih…! Aku mau mengucapkan terima kasih buat teman – teman di Masanega yang sudah mendukung aku…! Thanks ya…!

Teman – teman itu tadi adalah pengalamanku waktu menjadi kandidat ketua OSIS !

34 thoughts on “MENJADI KANDIDAT KETUA OSIS…?? SIAPA TAKUT…!!

  1. Wah hebat tuh kak…. sebuah pengalaman pribadi yang dapat menjadi sumber motivasi bagi kami siswa kelas 7 untuk dapat lebih menggali potensi…demi MASANEGA tercinta…
    jayalah Masanega!!!

      • tolong batu saya ,, agar sayta menjadi ketua osis yg baik seperti anda …
        karena sy di calonkan sbgai ketua osis

        from : roeslan di jakarta

      • @ roeslan : makasih, sudah mau berkunjung ke blog sekar…
        Wah hebat dong, bisa jadi calon ketua OSIS, kita harus bangga karena itu karena tidak semua bisa dicalonkan menjadi calon ketua osis. tapi, jangan terlalu bangga karena jadi ketua OSIS itu tidak mudah. pertama, kita harus paham materi tentang keorganisasian dengan baik, kedua kita harus pandai” membaca situasi, ketika organisasi yang kita pimpin sedang ada masalah, kita harus bisa memotivasi anggota agar tetap semangat menjalankan tugas yang dibebankan, ketiga, tanggung jawab, ketangkasan dan keuletan juga ketegasan kita dalam menentukan sebuah keputusan sangatlah diperlukan, keempat, kita harus pandai” mengontrol emosi dan selalu ucapkan terima kasih kepada pengurus ketika mereka telah selesai melaksanakan tugas yang diberikan dengan baik, juga jangan sekalipun merendahkan atau menyalahkan mereka, karena belum tentu apa yg kita lakukan selalu benar, hargai semua orang yang membantu anda dalam menjalankan organisasi. dengan begitu anda akan menjadi pemimpin yang baik dan disegani oleh anggota..:D

  2. Kak Sekar..gimana sih tips dan triknya bisa berorasi menyampaikan Visi dan Misi didepan ratusan siswa dan dewan guru tanpa “gemetaran”?, pingin tau nih kak..
    trim’s…

    • kita harus siap materi dan menguasai keadaan, selain itu kita harus percaya pada diri sendiri dan tunjukkan kalau kita mampu…!

      • @ siti dian 7 h : Kita harus siap materi dan menguasai keadaan, selain itu kita harus percaya pada diri sendiri dan tunjukkan kalau kita mampu…!

    • tips biar ngga gemeteran di antara ribuan audiens (menurut pengalaman pribadiku)1.):mulai dg bismillah dan mintalah kpd allah swt agar segalanya dipermudah 2.)sblm maju ke depan tarik nafas panjang dan berfikirlah positive dan teriakan dalam hatimu “aku mampu jika aku mau” 3.)anggap saja kamu lagi bicara dg dirimu sendiri dan semua orang sudah pergi 4.)pandanganmu harus lurus ke depan jangan menunduk 5.) dan jg fikirkan apa yang akan terjadi nanti karena itu akan membebani fikiranmu apalagi jika kamu berfikir jika penonton akan menertawakanmu.6.) sebelum kamu benar-benar maju ke depan berlatihlah bermain kata-kata di depan cermin dan anggap bayanganmu adalah audiens nya. selamat mencoba nd keep fight be excelent just for allah< itu motto hidupku klo motto hidupmu???

    • @ilham : Thanks dagh berkunjung ke blogku ! ya sebenernya sich nggak suka ma warna hitam, tpi mo gmana lagi ntar klu ganti tema profil qw jadi nggak muncul !

  3. mbak sekar, nich aku, AISYA in seven language class. Gitu donk mbak… walaupun you nggak jadi ketua OSIS, tapi kakak masih tetap sabar. mbak aku mau minta tips dari you. GIMANA CARANYA WAKTU KITA TAMPIL TIDAK GROGI ?

  4. hai mba sekar, nama ku syafira duh ku kepilih jadi calon ketua ossis nih…
    duh aku tuh orangnya grogian banget & kurang bisa ngomong di depan orang banyak ,,, ka gimna sih cara menjadi pemimpin yg baik dan dapat dihormati oleh para bawahan kita ka???? tolong dibales y ka….

    • @syafira >> maaf iia baru bisa bales…
      kuncinya cuma 1, percaya pada diri sendiri, yakinlah bahwa kita mampu untuk melakukan apa yang harus kita lakukan. kalo ngehadapi orang banyak, anggap aja mereka semut – semut kecil yang lagi lewat di depan kita buat cari makan.
      kalo kita pengen jadi pemimpin yang baik, kita harus ngasi contoh lebih dulu. kita musti bijaksana, tidak bangga dengan jabatan kita sebagai ketua juga kita nggak membedakan siapapun. 1 lagi, jangan pernah pilih”…,. kalo bisa setiap ada tugas kita bagi rata.kita harus paham materi tentang keorganisasian dengan baik, kita harus pandai” membaca situasi, ketika organisasi yang kita pimpin sedang ada masalah, kita harus bisa memotivasi anggota agar tetap semangat menjalankan tugas yang dibebankan, tanggung jawab, ketangkasan dan keuletan juga ketegasan kita dalam menentukan sebuah keputusan sangatlah diperlukan, kita harus pandai” mengontrol emosi dan selalu ucapkan terima kasih kepada pengurus ketika mereka telah selesai melaksanakan tugas yang diberikan dengan baik, juga jangan sekalipun merendahkan atau menyalahkan mereka, karena belum tentu apa yg kita lakukan selalu benar, hargai semua orang yang membantu kita dalam menjalankan organisasi. dengan begitu kita akan menjadi pemimpin yang baik dan disegani oleh anggota..:D

    • @vrista >> senang, itu sudah tentu, tetapi jangan terlalu senang. ingatlah tanggung jawab kita sebagai ketua itu tidaklah ringan. masih bnayak hal yang harus kita perhatikan untuk itu…:D

    • @vira : visi misinya meningkatkan kinerja osis biar lebih baik…, dengan cara meningkatkan kedisiplinan dan pengetahuan pengurus tentang keorganisasian. dan juga belajar untuk membuat suasana rapat dsb itu enjoy alias ndag tegang..:)

  5. kak sekar, gimana sih caranya ketua osis yg baik?
    soalnya aku males banget kl ada rapat sm acara teman2 pd cuekk
    jdnya bingung deh….
    tolong minta sarannya ya kak…..

    • @riefdha >> ketua osis yg baik tu ketua yg bisa ngertiin anggotanya, bisa bersikap adil dan nggak pilih – pilih, bijaksana dan bisa jadi contoh yang baik untuk anggotanya..
      terus, kalo jadi ketua osis tu harus selalu semangat, apapun masalah yang dihadapi..
      nyiptain suasana happy & nyaman waktu rapat tu jg musti dilakuin,,
      misalnya ada temen yang cuek, kamu kasi pengertian ke dia bahwa rapat itu penting buat kelangsungan dan nama baik organisasi…

    • @ randi hardian >> banyak belajar tentang keorganisasian & aktif di organisasi, tp yang terpenting adalah kita bisa memimpin diri sendiri dengan baik dulu setelah itu baru kita mencalonkan diri untuk memimpin orang lain di sebuah organisasi…:)

    • maaaf banget yaa..
      sekar nggak bales comment kamu..
      udah kelewat jauh pasti ya kalo sekar ngasi jawabannya sekarang :(
      pasti kamu udah tau tesnya apa aja..
      btw, makasi udah mau singgah di blognya sekar :)

      • kak sekar gimana sih cara biar kita bisa pede di dpn bnyaak org ,krna aku tuh klw di dpn bnyak org pasti grogi bnget .. tlong di baless yah kak..!!!

    • @riduan : cara yang biasa aku pake kalo rapat ngebosenin, biasanya di sela – sela pembicaraan aku ngasi selingan gurauan ato memisalkan topik bahasan rapat dengan sesuatu yang menarik & lucu, juga usahain jangan terlalu formal ketika rapat, ciptakan situasi yang santai tapi serius, untuk gambarannya gimana, disesuaiin sama keadaan anggota yang di sana :D

  6. Kak sekar, sebentar lagi saya pemilihan anggota OSIS, saya masih bingung, bagaimana cara mengatasi sifat negatif menjadi OSIS, contohnya nilai kita merosot tajam, karena kita biasanya rapat di tengah jam pelajaran berlangsung, saya ingin menjadi OSIS yng cerdas, karena saya dikenal sebagai anak yng pintar di sekolah, berbagai prestasi saya dapat, sayang jika kecerdasan saya hilang karna OSIS saja. untuk les saja, saya rasa tidak cukup karena biasanya OSIS pulang lebih lambat daripada siswa-siswi yang lain terkadang sampai malam. saya dapat pelajaran dari kakak saya yng menjadi ketua OSIS yang dulunya ada di kelas unggulan, jadi dirolling karna nilainya merosot. itu saja yng ingin saya sampaikan. Terima Kasih. :D

Berikan Balasan

