Perjalanan Evolusi Darwin

“Teori evolusi adalah salah satu pemikiran paling penting dalam ilmu pengetahuan alam. Ini memberikan kerangka dasar bagi ahli biologi untuk mempelajari makhluk hidup.”

Teman, tahukah kalian siapa yang mengemukakan teori evolusi ????

Jika belum, yuk kita simak artikel di bawah ini ^_^

Yang mengemukakan teori evolusi adalah Bapak Charles Darwin. Nama Darwin tidak asing lagi dalam dunia pendidikan. Dia dikenal karena teori evolusinya. Teori – teori evolusi yang dikemukakan Darwin adalah teori evolusi tentang Makhluk Hidup.

Charles Darwin lahir di Shrewsbury, Inggris pada tanggal 12 Februari 1809. Saat kecil, Charles Darwin bukanlah seorang anak yang menonjol. Ia belajar di sekolah Shrewsbury, di mana pelajaran utamanya adalah mata pelajaran klasik seperti bahasa Latin, ayahnya, Robert mengatakan bahwa Darwin adalah anak yang biasa – biasa saja, bahkan kepandaian Darwin di bawah rata – rata. Namun si kecil Darwin mempunyai minat sendiri. Darwin muda ini gemar mengumpulkan hewan, tumbuhan, cangkang kerang, batuan dan benda alam lainnya. Dari sinilah awal dari keberhasilan Darwin.

Nah, berawal dari kegemarannya saat kecil, yaitu mengumpulkan hewan, tumbuhan serta benda – benda alam lainnya, Darwin dapat melakukan ekspedisi dan berkeliling dunia untuk yang pertama kalinya bersama Angkatan Laut Kerajaan Inggris di bawah pimpinan kapten Robert Fitzroy. Dalam ekpedisinya, Darwin banyak menemukan specimen hewan dan tumbuhan serta fosil – fosil yang dia kumpulkan dari banyak Negara. Lama ekspedisi ini berlangsung 5 tahun, sejak tahun 1831 – 1836.

Saat berlayar ke Selatan Darwin mulai berpikir tentang perubahan dalam kehidupan alamiah. Kemudian pikiran itu berakar ketika dia menemukan sekelompok burung yang sejenis namun memiliki ukuran dan bentuk berbeda, yang berarti untuk menangani masalah di kehidupan mereka sendiri.  Dari sinilah Darwin mulai berpikir dan terus berpikir. Dalam benaknya penuh dengan berbagai macam pertanyaan tentang kehidupan alamiah yang ia lihat.

Banyak sekali hal baru yang didapatkan Darwin dari pelayarannya, salah satunya teori evolusi tentang terbentuknya terumbu karang.

Darwin berpendapat bahwa “hewan dan tumbuhan berevolusi akibat seleksi alam yang terjadi karena persaingan mempertahankan hidup dan hanya yang terkuat yang dapat bertahan. Yang dapat mengurangi populasi yaitu perang, kelaparan dan penyakit.” Pendapat ini berasal dari penelitian dan sebuah buku yang disebut “An Essay on the Principle of Population”, karya Thomas Malthus.

Di sebuah teori evolusinya, Darwin mengemukakan bahwa manusia berasal dari kera yang saat ini masih dijumpai populasinya seperti kera dan simpanse. Banyak orang yang menyangkal pendapat ini karena bertolak belakang dengan penciptaan makhluk hidup dalam Al Kitab.

Teman, bapak Charles Darwin ini juga mempunyai “teori evolusi dengan seleksi alamiah”.  Evolusi sendiri  sebenarnya berarti perubahan. Hewan dan tumbuhan berubah seiring berjalannya waktu dan alamlah yang akan memilih.  Berikut teorinya :

  • Reproduksi         : orang tua memiliki anak yang mirip dengan mereka sendiri.
  • Terlalu banyak anak        : tidak semua keturunan itu bisa bertahan hidup. Darwin menghitung bahwa dalam 750 tahun, sepasang gajah akan memiliki 19 juta keturunan, jika semuanya bertahan hidup.
  • Variasi                  : tidak semua keturunan sama. Variasi baru terbentuk dalam tiap generasi.
  • Seleksi Alam      : hidup adalah perjuangan, yang terkuat akan bertahan, yang lemah akan tersingkir.
  • Keturunan           : sifat yang berguna diturunkan untuk mempertahankan hidup.
  • Evolusi                  : dalam jangka waktu yang panjang dan banyak generasi, sifat – sifat yang meningkatkan kemungkinan bertahan hidup, menjadi lebih umum dari spesies, dan spesies itu telah berubah.
  • Asal Usul Spesies (the origin of species) : spesies yang beradaptasi lebih baik pada lingkungannya lambat laun akan menang dan mereka yang tidak dapat beradaptasi akan punah. Ketika lingkungan berubah, spesies juga selalu berevolusi dan berusaha untuk bisa berdaptasi dengan baik.

Nah teman, begitulah info singkat mengenai bapak “Charles Darwin”. Semoga dengan membaca artikel ini, dapat memotivasi teman – teman untuk bisa menjadi orang yang istimewa..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s