Perjalanan Evolusi Darwin

“Teori evolusi adalah salah satu pemikiran paling penting dalam ilmu pengetahuan alam. Ini memberikan kerangka dasar bagi ahli biologi untuk mempelajari makhluk hidup.”

Teman, tahukah kalian siapa yang mengemukakan teori evolusi ????

Jika belum, yuk kita simak artikel di bawah ini ^_^

Yang mengemukakan teori evolusi adalah Bapak Charles Darwin. Nama Darwin tidak asing lagi dalam dunia pendidikan. Dia dikenal karena teori evolusinya. Teori – teori evolusi yang dikemukakan Darwin adalah teori evolusi tentang Makhluk Hidup.

Charles Darwin lahir di Shrewsbury, Inggris pada tanggal 12 Februari 1809. Saat kecil, Charles Darwin bukanlah seorang anak yang menonjol. Ia belajar di sekolah Shrewsbury, di mana pelajaran utamanya adalah mata pelajaran klasik seperti bahasa Latin, ayahnya, Robert mengatakan bahwa Darwin adalah anak yang biasa – biasa saja, bahkan kepandaian Darwin di bawah rata – rata. Namun si kecil Darwin mempunyai minat sendiri. Darwin muda ini gemar mengumpulkan hewan, tumbuhan, cangkang kerang, batuan dan benda alam lainnya. Dari sinilah awal dari keberhasilan Darwin. Baca lebih lanjut

come back to PRAMUKA…!!!

hy sobat semua…

Sekar mau berbagi cerita nih sama kalian…

Sekar senang sekali sobat, kembali masuk ke dunia kepanduan setelah beberapa bulan vacum.  Sekarang Sekar ikut kegiatan kepanduan yaitu Dewan Kerja Ranting. di dewan kerja ranting, sekar bertemu dengan teman – teman baru yang gokilll abizz…, bikin suasana rame dan happy….
dan senangnya lagi,,,, Sekar ketemu sama sobat lama sekar di SMP dulu yaitu kak Ivan..,

di awal ikut DKR sekar belajar banyak banget sobat…
mulai dari kebersamaan antar teman, kekompakan dan kedisiplinan. pokoknya kita di ajar untuk menjadi remaja yang mandiri, disiplin dan terampil.

kegiatan pertama yang sekar ikutin adalah sarasering. sarasering atau sarasehan adalah acara dimana kita akan berdiskusi tentang berbagai masalah kepramukaan. acara ini berjalan mulai jam 7 sampai jam 12 malam. setelah itu sekar dan teman – teman DKR lainnya berziarah ke makam kakak – kakak pembina pramuka yang telah pergi mendahului kita dan berjasa sekali dalam memajukan kepramukaan di kwarran sekar. kegiatan ini selesai pukul setengah 1 malem. setelah itu kami kembali ke sanggar pramuka untuk istirahat. pukul 3 pagi kami bangun untuk melaksanakan sahur bersama. setelah sahur kami mempersiapkan perlengkapan yang akan kami gunakan untuk memperingati hari jadi pramuka. ya.., memang kegiatan yang pertama kali  sekar ikuti ini tepat sehari sebelum hari jadi pramuka yang ke 50 tahun. jadi kami sekaligus mengadakan renungan untuk mengenang jasa – jasa para pahlawan pramuka.
pukul 6 pagi, kami sudah siap sedia di depan sanggar untuk berjalan bersama menuju lokasi upacara peringatan hari jadi pramuka ke 50 th. pukul 7.00 acara dimulai dan berakhir pada pukul 9.00. lega rasanya semua tanggung jawab sudah terselesaikan dengan baik.

sungguh pengalaman yang tak terlupakan…^_^

Arti Seorang Sahabat

ini CERPEN perdana Sekar..🙂

AWAL MASUK SEKOLAH

“ Dinda, bangun sayang”, mama membangunkanku.

“ Emh..! bentar lagi deh ma “ sahutku.

“Dinda ayo bangun dong sayang, ini kan hari pertama kamu masuk sekolah setelah libur panjang”, ujar mama sambil membelai lembut rambutku.

“Iya mamaku sayang” jawabku sambil meloncat bangun dari tempat tidur. Kuusap mataku yang masih sedikit tertutup, kemudian aku bergegas mengambil handuk dari gantungannya dan akupun bergegas menuju kamar mandi. Seusai mandi, aku melaksanakan shalat subuh berjamaah dengan keluargaku. Itu memang sudah menjadi tradisi di keluargaku. Seusai shalat subuh, aku berlari ke kamarku untuk bersiap diri.

Setelah bersiap diri, akupun berlari menuju lantai bawah untuk sarapan roti dan susu hangat kesukaanku. Seusai sarapan, aku berpamitan pada papa, mama dan langsung pergi ke sekolah. Untuk sampai di sekolah, aku harus rela mengantri di halte bus dekat rumahku. Karena untuk dapat sampai di sekolah aku harus berhenti di halte dua kali dan akupun harus naik kendaraan umum yang akan mengantarkanku hingga sampai di sekolah.

Kendaraan pertama yang kutunggu akhirnya tiba. Langsung saja aku berdesakan dengan penumpang lain yang berebut ingin masuk dahulu untuk mendapatkan tempat duduk yang nyaman. Setelah mendapat tempat duduk, aku mencoba untuk menikmati keindahan alam yang kulewati. Karena pagi ini aku mendapat tempat duduk yang sangat nyaman, yaitu dekat dengan jendela. Sehingga aku dapat menikmati pemandangan di pagi hari yang masih bebas dari polusi.

Tak terasa, aku telah sampai di halte kedua. Jam sudah menunjukkan pukul 06.00 WIB. Agak lama aku menunggu, tetapi kendaraan umum itu tak kunjung datang. Aku mulai khawatir, kulirik jam tanganku… Baca lebih lanjut

Apa ya RAHASIA KELINCI di MUSIM HUJAN…?

Mau tau apa rahasia kelinci di musim hujan ?

Mari kita simak sedikit coretan yang kubuat…

Di sebuah desa yang sejuk tinggal keluarga kelinci. Keluarga kelinci itu terdiri dari bapak, ibu dan ketiga anak kelinci yang mungil. Mereka keluarga kelinci yang sehat dan bahagia, kecuali saat musim hujan tiba. Kenapa kelinci tidak bahagia di musim hujan ? Pekerjaan bapak kelinci menggali ubi dan bawang setiap hari. Bawang dan ubi yang sudah digali dijual di pasar desa kelinci. Kata bapak kelinci “ pekerjaan menggali lebih nyaman di musim kemarau “ karena saat menggali di musim kemarau, tangan bapak tetap putih bersih karena tanah kebun yang kering. Tetapi, jika di musim hujan, tangan bapak akan kotor, pekerjaan menggali pun menjadi lebih berat. Ubi dan bawang juga berlumur lumpur. Apalagi ketika hujan turun, seluruh bulu bapak kelinci menjadi basah dan terpaksa bapak harun berteduh di bawah pohon selama hujan turun.

Ibu kelinci juga sibuk lho selama musim hujan. Karena ibu kelinci harus memasang tirai – tirai rumah supaya angin dingin tidak masuk ke rumah. Hujan dan angin sangat jahat, karena kelinci sering terkena flu selama musim hujan. Ketika kena flu badan kelinci menjadi lesu, matanya sayu dan tidak nafsu makan. Nah agar tidak terkena flu, selama musim kemarau ibu kelinci sudah merajut kasur rumput dan selimut bulu untuk anak kelinci. Anak kelinci tetap hangat deh saat musim hujan. Namu, kasihan bapak kelinci, ia terkena sakit flu karena kehujanan. selengkapnya…

MASANEGA Fm dan Ekstra Broadcasting

Radio merupakan alat komuikasi yang tidak asing lagi di mata kita. Bagaimana tidak, radio merupakan salah satu sumber informasi yang sering digunakan. Dengan mendengarkan siaran di radio, kita bisa mengetahui berita ter up to date ataupun musik – musik terbaru yang sedang digemari oleh masyarakat, apalagi siswa SMP/MTs. Kalau kita mendengarkan siaran radio, kita bisa berekspresi dengan gaya yang kita sukai, tetapi kalau kita melihat berita di televisi, kita tidak bebas berekspresi, karena jika kita melihat tv sambil erekspresi, itu bisa merusak mata . Di MASANEGA tersedia studio khusus untuk penyiar radio MASANEGA. Di studio kita bisa mencuap – cuap sambil menyiarkan berita ter up to date ! seru lho jadi penyiar radio, aku pernah mencoba menyiarkan berita lewat radio MASANEGA, awalnya sih Cuma iseng, eh malah ketagihan. Selain kita bisa mencuap – cuap ria, kita bisa berkomunikasi dengan masyarakat. Gelombang radio MASANEGA yaitu 103.3 MASANEGA FM.

Sekarang apa itu ekstra broadcasting ?

Ekstra broadcasting adalah sebuah kegiatan yang mengajari kita untuk menjadi seorang presenter dan penyiar radio. Memang agak sulit untuk menjadi seorang Mc atau penyiar radio yang handal. Tetapi jika kita rajin berlatih kita akan cepat mahir untuk menjadi seorang Mc atau penyiar radio yang handal. Untuk bidang ini disekolahku kebanyakan yang mengikutinya adalah siswi yang suka bicara dan mempunyai kecerdasan yang lebih dibanding teman – temannya. Karena seorang Mc atau pun penyiar radio harus bisa mengondisikan suatu acara dan jangan sampai ada kekosongan dalam kita menjalankan acara. read more

SIMARADEKA : Pramuka Kebanggaan MASANEGA

Pramuka…suatu organisasi yang melatih kita untuk mandiri dan mengenal alam bebas. Di pramuka kita bisa berlatih berbagai macam kegiatan mengenai pengenalan alam. Dan banyak hal yang baru yang akan kita kenal di pramuka. Begitu juga pramuka MASANEGA.
Seperti apa kegiatan pramuka MASANEGA ? yuk kita simak coretanku di bawah ini…
Pramuka di MASANEGA tidak jauh beda dengan apa yang ku sebutkan di atas. Pramuka membuat aku ketagihan karena prmuka menyenangkan sekali. Aku jadi ingin berlatih terus tiap hari. Di pramuka, banyak hal – hal baru yang kujumpai. Seperti DIAN PINRU ( glaDIAN PImpiNan RegU ) di kegiatan ini kita dilatih untuk menjadi mandiri dan melatih keberanian kita, seperti turun dan panjat tebing dan sebagainya.

Ini waktu penyematan tanda peserta waktu MOS Pramuka……………..

Pramuka di sekolahku diwjibkan hanya untuk siswa kelas 7 saja. Untuk siswa kelas 8 yang berminat, diperbolehkan kok untuk ikut berlatih pramuka !. Sekarang ini aku menjadi senior di kegiatan pramuka aku dan teman – teman seperjuangan, di percaya Pembina kami untuk mengajarkan ilmu – ilmu yang telah kami pelajari selama satu tahun yang lalu. Senang sekali rasanya. Awalnya kami semua grogi di depan adik – adik karena belum terbiasa mengajar, sehingga kami agak sulit untuk mengeluarkan kata – kata. Tapi lama kelamaan itu menjadi hal yang menyenangkan bagi kami. Di pramuka MASANEGA juga di bentuk suatu organisasi yang bernama DPP ( Dewan Pengurus Penggalang ). read more

PANTAI GOA CHINA


Pantai Goa China, sebuah pantai dengan fenomena alam yang masih alami dan membuat setiap orang yang melihatnya terpesona. Pantai ini terletak di kawasan Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Pantai ini terbentang sepanjang kurang lebih 3 kilometer. Wow, lumayan panjang juga !. pantai ini pertama kali ditemukan oleh pertapa China pada tahun 1950. Sudah lama juga ya pantai ini ditemukan…! Sayangnya baru tahun 2007 Pantai Goa China dipublikasikan ke publik.

Pantai unik nan indah ini sekarang sudah menjadi tempat wisata yang banyak disinggahi oleh wisatawan. Para wisatawan ini sangat kagum melihat keindahan alam yang ada di sekitar Pantai . Begitu alami dan belum tercemar oleh sampah, ini disebabkan pantai ini belum begitu popular. Sayang, untuk saat ini para wisatawan masih belum boleh untuk merasakan segarnya air pantai ini karena arus bawah laut yang sangat deras. Di pantai Goa china yang masih alami, garis pantainya juga beragam, ada yang berpasir putih, ada karang yang dangkal dan ada pula yang curam.

Bila kita hendak kesana dari pusat kota Malang, pertama kita menuju Desa Turen kemudian kita ambil arah Desa Sumber Manjing Wetan. Hampir sepertiga perjalanan menuju Sumber manjing kita akan disuguhi pemandangan gunung kapur nan molek utamanya disepanjang tanjakan desa druju, Selepas dari Sumber Manjing kita menuju Desa Sitiarjo. Dari sinilah kita bisa memilih jalur, pertama jalur yang melalui perkampungan desa Bajul mati, namun jalan disini agak terjal dan sempit, jalur kedua melalui desa Sendang Biru, ini merupakan jalur utama yang relatif nyaman dengan jalan yang beraspal mulus, sesampai di desa Sendang Biru kita ambil jalur ke kanan, Sama Menuju Desa Bajul Mati. Hingga akhirnya kita sampai dipertigaan menuju pantai, maka sampailah kita di pantai Goa China.

Untuk bisa masuk ke pantai ini, kita harus membeli tiket dahulu. Harga tiketnya relatif murah kok hanya 3000 rupiah. Ternyata untuk menikmati pemandangan yang indah dan menyegarkan pikiran, tidak perlu biaya yang mahal ya…?